Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN AGAMA MUARA SABAK

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN AGAMA MUARA SABAK

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Kel. Rano, Kec. Muara Sabak Barat, Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur

email : pamuarasabak@yahoo.co.id , email delegasi : kepaniteraanpamuarasabak@gmail.com Telp (0740)7370123/Fax (0740) 73700080

Logo Artikel

ARSIP BERITA

Arsip Berita

BNN Sosialisasi P4GN di PA Muara Sabak

Kamis, 17 Juni 2021, Dalam rangka memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan ASN dan PPNPN, Pengadilan Agama Muara Sabak bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tanjung Jabung Timur melaksankan sosialisasi mengenai Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan dilanjutkan dengan tes urine kepada seluruh ASN dan PPNPN Pengadilan Agama Muara Sabak.

20210617bnn2

BNNK dalam hal ini diwakili oleh penyuluh P4GN, menyampaikan tentang bahaya Narkoba dalam lingkungan keluarga dan perkantoran. “Untuk keluarga khususnya anak agar tidak melakukan penyalahgunaan Narkoba, hal ini salah satunya dapat dilihat dari perubahan perilaku maupun dan juga ciri-ciri fisik,” tuturnya.

20210617bnn1

Ketua Pengadilan Agama Muara Sabak Dra. Hj. Hasnaini, S.H, M.H., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BNN Kabupaten Tanjung Jabung Timur beserta Tim yang sudah hadir di Pengadilan Agama Muara Sabak dalam memberikan Sosialisasi mengenai Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Selengkapnya


PA Muara Sabak Raih Peringkat 2 SAKIP

Jambi, Kamis (22/4/2021) Bertempat di ruang Aula Utama Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Ketua Pengadilan Agama Muara Sabak menerima penghargaan peringkat 2 SAKIP se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jambi. Piagam penghargaan langsung diberikan oleh Ketua PTA Jambi kepada Ketua PA Muara Sabak. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua, Sekretaris, Panitera, dan Tenaga IT Pengadilan Agama se-Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jambi.

SAKIP singkatan dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, yang merupakan integrasi dari dokumen indikator kinerja, dokumen perencanaan, dokumen perjanjian, dokumen rencana aksi, dan dokumen pelaporan kinerja. Karena tugas pokok dan fungsi pengadilan adalah penyelesaian perkara, maka SAKIP berisi tentang kinerja penyelesaian perkara.

Pada apel pagi, Ketua PA Muara Sabak mengucapkan rasa syukur atas prestasi yang diterima. “Kita bersyukur Pengadilan Agama Muara Sabak meraih peringkat terbaik ke 2, ini harus dipertahankan dan kita tingkatkan lagi” ujarnya.

Selengkapnya


PA Muara Sabak laksanakan Sidang di KUA Muara Sabak Barat

Muara Sabak, Senin 14 Juni 2021 Pengadilan Agama Muara Sabak melaksanakan sidang di luar gedung dalam perkara isbat nikah bertempat di Kantor Urusan Agama Muara Sabak Barat. 

Sesuai ketentuan pasal 7 ayat 3 Kompilasi Hukum Islam yang berbunyi, “isbat nikah dapat diajukan ke Pengadilan Agama terbatas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan:

  • Adanya perkawinan dalam rangka penyelesaian perceraian;
  • Hilangnya Akta Nikah;
  • Adanya keraguan tentang sah atau tidaknya salah satu syarat perkawinan;
  • Adanya perkawinan yang terjadi sebelum berlakunya Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974;
  • Perkawinan yang dilakukan oleh mereka yang tidak mempunyai halangan perkawinan menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 1974:

 

Masih banyak masyarakat yang belum mencatatkan pernikahannya di Kantor Urusan Agama karena mereka tidak mengetahui ketentuan pencatatan perkawinan dan terkendala biaya. Untuk masyarakat yang tidak mampu bisa mengajukan permohonan prodeo (bebas biaya) ke Pengadilan Agama.

Selengkapnya


Pengadilan Agama Muara Sabak Laksanakan Sidang Keliling Perdana di Tahun 2021

Kamis (18/02/2021), Pengadilan Agama Muara Sabak melaksanakan Sidang keliling (sidang diluar gedung) di Kantor Urusan Agama (KUA), Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Sidang Keliling ini merupakan sidang di luar gedung perdana pada Tahun Anggaran 2021. Pelaksanaan sidang di luar gedung bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat para pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan.

Untuk pelaksanaan sidang keliling ini Tim yang turun di pimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Muara Sabak Dra. Hj. Hasnaini, S.H, M.H sebagai Ketua Majelis dengan Anggota masing-masing Sulistianingtias Wibawanty, S.H, M.H dan Rizki Gusfaroza, S.H didampingi Panitera RA. Fadillah, SH serta Panitera Pengganti Tri Wahyuni, S.Kom, M.H., perkara yang disidangkan adalah 8 perkara isbat nikah.

Pelaksanaan dan tata cara sidang keliling sama seperti sidang di dalam Gedung Pengadilan Agama Muara Sabak, sidang di mulai pada pukul 09.00 WIB, para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan nomor urut antrian.

Selengkapnya



Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas