Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN AGAMA MUARA SABAK

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN AGAMA MUARA SABAK

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Kel. Rano, Kec. Muara Sabak Barat, Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur

email : pamuarasabak@yahoo.co.id , email delegasi : kepaniteraanpamuarasabak@gmail.com Telp (0740)7370123/Fax (0740) 73700080

Logo Artikel

KUNJUNGAN KERJA AKHIR TAHUN PTA JAMBI KE PA MUARA SABAK

SKM 1IPK 1panjar2sipp webpanjarbiaya 1ecourt 

Kunjungan Kerja Akhir Tahun PTA Jambi Ke PA Muara Sabak

MUARA SABAK ~ Jum'at, 21 Desember 2012, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi Drs. H. Muzani Zahri, SH, MH melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Agama Muara Sabak. Ketua PTA datang pada jam 08.00 bersama rombongan yang terdiri dari Ibu Dra. Hj. Aslihah Muzani, SH (hakim tinggi), Yudistira Adi Pinto, SE (bagian keuangan) dan Abdul Rachman, SE (tim IT). Kedatangan ketua berserta rombongan untuk memberikan supervisi, koordinasi, dan sekaligus motivasi kepada keluarga besar Pengadilan Agama Muara Sabak.

Turun dari mobil, ketua PTA tidak langsung masuk ke ruangan kantor PA Muara Sabak, namun ketika melihat banyak mobil hasil sitaan beliau justru mengajak ketua, wakil ketua dan para hakim PA Muara Sabak untuk berdiskusi tentang barang sitaan yang masih teronggok di halaman kantor PA Muara Sabak. Barang sitaan tersebut berupa 3 unit damtruk, 1 unit pick up Hiline, 1 unit Nissan Terrano, 1 unit Toyota Rush, 1 unit Honda Mego Pro dan 1 unit Honda Revo. Selain barang-barang tersebut masih ada beberapa harta tidak bergerak seperti tanah dan kebun.

 

Ketua PTA menanyakan kenapa barang hasil sitaan tersebut belum dilelang, dan beliau berharap sebelum tahun 2013 seluruh barang sitaan tersebut sudah dilakukan lelang. Hal ini berkaitan dengan keamanan barang-barang tersebut, karena petugas keamanan PA Muara Sabak tentu harus menambah perhatiannya karena selain menjaga kantor harus menjaga barang sitaan tersebut dalam waktu yang cukup lama.

Ketua PA Muara Sabak Drs. H. Barmawi, MH menjelaskan bahwa barang sitaan tersebut merupakan hasil sita Perkara nomor 163/Pdt.G/2011/PA.MS dan prosesnya sedang berjalan, pihak kantor lelang telah dihubungi dan saat ini Panitera dan Jurusita PA Muara Sabak sedang mencari informasi tentang harga limit.

Meski demikian, ketua PTA tetap menyarankan agar PA Muara Sabak tetap menghubungi para pihak agar barang-barang tersebut dibagi secara natura, hal ini untuk menghindari biaya yang cukup besar dan para pihak bisa sama-sama merugi, atau dengan istilah lain “Menang jadi arang kalah jadi abu.”

Selanjutnya, didampingi tim IT PTA Jambi Abdurrahman Baragbah, SE, Ketua PTA Jambi mengunjungi ruang IT PA Muara Sabak dan memberikan arahan serta petunjuk teknis validasi data SIADPA dan berharap PA Muara Sabak jangan sampai kena tanda merah dalam system tersebut.

Kunjungan ini semakin menarik manakala Ketua PTA masuk ke ruang hakim dan duduk bersama dengan membuka diskusi hukum, baik hukum formil maupun materil. Seluruh hakim PA Muara Sabak antusias bertanya dan berdiskusi tentang banyak hal, diantaranya mengenai perkara yang tengah dihadapi yakni penetapan ahli waris sekaligus isbat nikah, isbat nikah sebagai istri kedua (isbat poligami), dan lain-lain.

Di akhir pertemuan, ketua PTA tidak lupa memberikan motivasi kepada seluruh keluarga besar PA Muara Sabak agar jangan segan-segan untuk terus menuntut ilmu, baik ke jenjang formal yang lebih tinggi atau melalui diskusi-diskusi secara berkala.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas