logo

prosedurv3layananinformasigugatanmandirie courtvalidasiac
jadwalsidangbiayapanggilanpanjarbiayaperkarazonaintegritaslaporkan

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Muara Sabak. Anda Memasuki Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Written by Super User on . Hits: 78


WILAYAH YURISDIKSI

Pengadilan Agama Muara Sabak menaungi wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dengan Ibukota Muara Sabak. Kabupaten ini memiliki luas 5.330 KM2 persegi. Bagian utara berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, bagian timur berbatasan dengan laut cina selatan, bagian selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan, dan bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Muaro Jambi.

Daerah Muara Sabak sendiri diperkirakan memiliki kaitan dengan Kerajaan Sriwijaya, hal ini dapat dilihat dari catatan pedagang dan musyafir mancanegara pada abad VII, dimana dalam sejarah Dinasti tang, raja yang berkuasa di daratan China, pernah mengirimkan utusan ke Kerajaan Melayu Jambi yang menyatakan bahwa saat itu ibukota kerajaan Sriwijaya terletak di aliran sungai Batanghari. Dimana aliran sungai batanghari saat itu merupakan pelabuhan yang sangat ramai, Hal ini diperkuat dengan catatan musyafir I Tsing yang datang dari China saat berangkat ke India untuk mendalami agama Budha sempat mampir di kerajaan sriwijaya dan belajar selama 4 tahun dimana saat kembalinya ia di tahun 689M saat pulang dari india sempat singgah kembali di sriwijaya, dimana ia mencatat bahwa Kerajaan Melayu Jambi sudah menjadi bagian dari Sriwijaya.

Catatan yang lain dari negeri arab bahkan menyebutkan bahwa dulu Muara Sabak bernama Zabaj (sabak) dimana yang merupakan Kota dari Kerajaan Zyarbaaz yang disebut sebagai Sri Buza atau sriwijaya, kerajaaan ini terletak berhadapan dengan sin (china) yang sekarang bernama Muara Sabak yang merupakan ibukota dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Pada awalnya, Tanjung Jabung Timur terdiri dari 6 Kecamatan yang mencakup 60 Desa dan 3 kelurahan. Kecamatan tersebut yaitu; Kec Mendahara, Kec. Muara Sabak, Kec. Nipah Panjang, Kec. Sadu dan Kec. Rantau Rasau. Pada perkembangannya, merujuk Perda Nomor 18 Tahun 2004, terjadi pemekaran Kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang merupakan Yurisdiksi Pengadilan Agama Muara Sabak menjadi 11 Kecamatan yaitu :

1 KECAMATAN MUARA SABAK BARAT, terdiri dari:
Kelurahan Kampung Singkep, Kelurahan Nibung Putih, Kelurahan Rano, Kelurahan Talang Babat, Kelurahan Parit Culum I, Kelurahan Parit Culum II, Kelurahan Teluk Dawan.
2 KECAMATAN MUARA SABAK TIMUR, terdiri dari:
Kelurahan Muara Sabak Ulu, Kelurahan Muara Sabak Ilir, Desa Kota Raja, Desa Siau Dalam, Desa Alang-Alang, Desa Sungai Ular, Desa Lambur I, Desa Lambur II, Desa Kota Harapan, Desa Lambur, Desa Kuala Simbur, Desa Simbur Naik.

3 KECAMATAN DENDANG, terdiri dari:
Kelurahan Rantau Indah, Desa Kuala Dendang, Desa Koto Kandis, Desa Koto Kandis Dendang, Desa Sido Mukti, Desa Catur Rahayu, Desa Jati Mulyo.
4 KECAMATAN GERAGAI, terdiri dari:
Kelurahan Pandan Jaya, Desa Pandan Makmur, Desa Pandan Sejahtera, Desa Pandan Lagan, Desa Suka Maju, Desa Rantau Karya, Desa Kota Baru, Desa Lagan Ulu, Desa Lagan Tengah.

5 KECAMATAN KUALA JAMBI, terdiri dari:
Kelurahan Kampung Laut, Kelurahan Tanjung Solok, Desa Teluk Majelis, Desa Kuala Lagan, Desa Majelis Hidayah, Desa Manunggal Makmur.
6 KECAMATAN MENDAHARA ULU, terdiri dari:
Kelurahan Simpang Tuan, Desa Pematang Rahim, Desa Sungai Toman, Desa Bukit Tempurung, Desa Sinar Wajo, Desa Sungai Beras, Desa Mencolok.

7 KECAMATAN MENDAHARA, terdiri dari:
Kelurahan Mendahara Ilir, Desa Sinar Kalimantan, Desa Pangkal Duri, Desa Mendahara Tengah, Desa Sungai Tawar, Desa Bakti Idaman, Desa Merbau, Desa Lagan Ilir.

8  KECAMATAN RANTAU RASAU, terdiri dari:
Kelurahan Bandar Jaya, Desa Harapan Makmur, Desa Rantau Rasau I, Desa Rantau Rasau II, Desa Bangun Karya, Desa Sungai Dusun, Desa Rantau Jaya, Desa Karya Bakti, Desa Marga Mulya, Desa Pematang Mayan, Desa Tri Mulya.

9 KECAMATAN BERBAK, terdiri dari:
Kelurahan Simpang Desa Rantau Rasau, Desa Rantau Makmur, Desa Sungai Rambut, Desa Rawasari, Desa Telago Limo.
10 KECAMATAN NIPAH PANJANG, terdiri dari:
Kelurahan Nipah Panjang I, Kelurahan Nipah Panjang II, Desa Sungai Tering, Desa Sungai Jeruk, Desa Bunga Tanjung, Desa Sungai Raya, Desa Pemusiran, Desa Teluk Kijing, Desa Simpang Jelita, Desa Simpang Datuk.
11 KECAMATAN SADU, terdiri dari:
Kelurahan Sungai Lokan, Desa Sungai Jamban, Desa Sungai Itik, Desa Sungai Sayang, Desa Remau Baku Tuo, Desa Air Hitam Laut, Desa Sungai Cemara, Desa Labuhan Pering, Desa Sungai Benuh.
   

 
Letak Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam Provinsi Jambi

jambi


Letak Kecamatan dalam Kabupaten Tanjung Jabung Timur

tanjabtim

Hubungi Kami

 Pengadilan Agama Muara Sabak
   Komplek Perkantoran Bukit Menderang
   Kelurahan Rano
   Kecamatan Muara Sabak Barat
   Kabupaten Tanjung Jabung Timur
   Provinsi Jambi
 Kode Pos 36761
Telp (0740)7370123
Fax (0740)73700080
Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan Agama Muara Sabak - Mahkamah Agung Republik Indonesia
Copyright © 2022